Senin, 18 Januari 2010

BMW S1000 RR & APRILIA RSV4 … Sang Kontender !


Model eksta eksotis ciri khas produk Italy

Aprilia RSV4  - Eksotisme Italia
Aprilia RSV4 dan RSV4 Factory merupakan langkah Aprilia comeback ke kancah WSBK setelah beberapa tahun  ini absen. Tidak mengherankan kehadiran RSV4 langsung disambut media sebagai langkah Aprilia menggoyang dominasi Ducati sebagai manufktur superbike Italy. Hanya saja langkah aprilia dengan RSV4 keluar dari ciri khas motor eropa yang fanatik dengan dua silider. Memang  konvigurasi mesin V 60 derajat bukan L-Twin 90 derajat ala ducati tetap dipertahankan. Tetapi Aprilia memilih menggunakan mesin V-4 1000cc ketibang V2/L2 1200cc. Kendati memiliki tenaga puncak sama, mesin 4 silinder 1000 cc memiliki torsi yang lebih kecil. Namun Aprilia menganggap konvigurasi ini justru lebih memudahkan pengendara dalam bermanufer.




Spesifikasi singkat RSV4 Factory :
  • V-4 60 derajat 1000cc
  • Tenaga Maksimum : 180 Hp 12.500 rpm
  • Torsi Maksimum : 115 Nm 10.000 rpm
  • Bobot : 182 kg


Buritan kecil, cantik tapi tidak nyaman

Verdict :
Jika anda penggemar motor superbike  eksotis eropa tapi jenuh dengan produk Ducati, ini merupakan salah satu alternatif terbaik kalau tidak mau dibilang yang paling baik.
  • (+) Desain sangan eksotis
  • (+) Riding karakter gabungan antara Italy dan Jepang
  • (+) Prestasi Max Biaggi dan Shinya Nakano terbilang Oke
  • ( -) Harganya nggak kuat bro!
  • ( -) Fiturnya terlalu Circuit oriented
  • ( -) Kurang nyaman dipakai harian

Sebagaimana kedigdayaan Panzer jerman pada WWII, begitu juga pada S1000RR

BMW S1000 RR – Mechanized Panzer
Siapa yang tidak tahu BMW, mulai dari kwalitas produksi, reabilitas hingga dukungan ATPM dan ekslusifitas dengan kombinasi tersebut brand BMW tidak ada tandinganya. Kini BMW mencoba peruntungan dengan memproduksi motor superbike murni lewat S1000RR. BMW memang keluar dari pakemnya menggunakan mesin Boxer. BMW justru mengikuti pakem khas motor jepang dengan menggunakan mesin inline 4 silinder 1000cc. Bukan BMW jika tidak memasukan fitur premium pada motor ini. Active traction control yang selama ini hanya dimiliki Ducati 1198S & 1098R juga hadir di S1000RR dengan setingan lebih user friendly tentunya. Rem brembo monoblock dengan ABS yang selama ini di banggakan oleh Honda Fireblade juga hadir di motor ini.

Spesifikasi singkat S1000RR
  • Inline 4 1000cc
  • Tenaga Maksimum : 193 Hp 13.000 rpm
  • Torsi Maksimum : 118 nm 9.750 rpm
  • Bobot : 183 kg

Palugana Fitur apapun yang ditanyakan ada pada superbike ini

Verdict :
Merupakan superbike paling lengkap dan paling multifungsi. Ingat adalah motor buatan BMW dimana kesempurnaan produksi merupakan hal yang paling penting dibanding faktor lainya. Jangan terpengaruh hasil Troy Corser dan Ruben Xaus di WSBK!
  • (+) Superbike dengan fitur paling komplit
  • (+) Kesempurnaan produk jerman dan jaminan kwalitas BMW
  • (+) Traction Control Aktif
  • (+) Rem Brembo menggunakan ABS
  • (+) Untuk standar Superbike faktor ergonomis terbilang luar biasa
  • ( -) BMW belum berpengalaman membuat superbike murni
  • ( -) Prestasi Ruben Xaus dan Corser terbilang mengecewakan (mengingat ini BMW)
  • ( -) Mungkinkah BMW mengeluarkan varian M series untuk motor?
Kesimpulan : S1000RR sedikit  lebih oke ketibang RSV4
BMW memberikan segalanya pada S1000RR. Secara statistik pun S1000RR unggul segala galanya ketibang RSV4 mulai dari performa hingga fitur. Meski prestasi BMW di WSBK dibawah Aprilia, jangan lupa ini merupakan kali pertama BMW turun di balapan roda dua. Aprilia sendiri masih sulit keluar dari bayang bayang Ducati sebagai produsen nomor 1 Superbike Eropa. Sedangkan BMW merupakan sebuah brand dengan  kelas tersendiri dan mengingat faktor ergonomis yang dimiliki S1000RR sangat pas untuk digunakan harian.


Bookmark and Share

Komentar :

ada 0 Pengoceh ke “BMW S1000 RR & APRILIA RSV4 … Sang Kontender !”

Posting Komentar

Jangan Cuma Baca Dong
Isi Komentar Kalian ya Para Blogger
Jadikan Blog Ini Lebih Hidup Dengan Komentar Kalian

Next Previous Home