Selasa, 23 Februari 2010

Honda Fury 2010-Chopper Pertama Honda


Pada 2010 nanti pabrikan Honda divisi Amerika akan launch sebuah sepeda motor baru yang mungkin akan mencengangkan para bikers, khususnya penggemar pabrikan sepeda motor berlambang sayap merah. Mereka akan memperkenalkan salah satu jenis motor yang sebelumnya belum pernah mereka produksi yaitu, sebuah chopper dengan desain yang radikal. Hal ini pertama kali diketahui ketika para jurnalis otomotif di Amerika berhasil mendapati sesosok chopper di dalam Pabrik R&D Honda di daerah Torrance, California, yang kemudian diumumkan kelahirannya oleh pabrikan Honda pada ajang International Motor Show di New York beberapa waktu lalu.



Produsen motor yang di Amerika dikenal dengan sebutan Big Red tersebut mengungkapkan bahwa motor ini merupakan respon mereka atas keinginan para customers terhadap sebuah chopper yang garang tetapi awet,berkualitas,handal, dengan harga yang terjangkau, khas motor-motor keluaran Honda.

Motor bernama Honda Fury ini memiliki tampilan layaknya custom chopper melalui tampilan sasis yang kekar, yang memang sengaja ingin ditonjolkan oleh Honda. Hal ini dibantu pula oleh peletakkan radiator yang agak tersembunyi diantara dua down tubes di depan mesin. Mesin dari motor ini merupakan pengembangan dari mesin V-twin VTX 1300cc, yang mengalami beberapa perubahan pada bentuk kepala silinder, kem, dan sistem gas buang, walaupun tetap mempertahankan sudut V sebesar 52̊  dan tetap mengadopsi single –pin crankshaft. Selain pada mesin, motor ini telah menggunakan sistem injeksi sebagai penghantar bahan bakar. Berdasarkan beberapa perkembangan tersebut, maka motor yang akan dilepas ke pasaran pada pertengahan 2010 ini, dapat mencatatkan angka 59 pada daya kuda dan torsi sebesar 71 ft-lbs.

Melalui motor dengan kapasitas maksimal tangki sekitar 12,5 liter bahan bakar ini, Honda juga dipaksa untuk menabrak pakem mereka selama ini. Salah satu perubahan yaitu melalui penggunaan belt­ sebagai penghantar daya dari mesin ke roda belakang, dimana sistem ini tidak pernah digunakan sebelumnya pada sepeda motor Honda jenis apapun.

Selain itu, demi mengejar chopper looks, Honda kemudian mengaplikasikan sudut rake terbesar dalam sejarah motor mereka yaitu rake dengan sudut 38̊ . Untuk menjaga agar motor tetap nyaman dikendarai, Honda menggunakan adaptor setang/trail dengan tinggi 3,5 inci. Pada bagian setang ini Fury menyembunyikan berbagai kabel, sehingga hanya kabel rem dan kabel kopling saja yang nampak di sekitar setang kemudi. Wheelbase chopper ini juga menjadi sejarah baru bagi Honda karena memiliki jarak sejauh 71,2 inci.

Untuk bagian kaki-kaki, Fury mengaplikasi ban dengan ukuran 90/90 pada velg 21 inci untuk roda depan, sementara pada buritan chopper ini menggunakan lingkar velg 18 inci yang dipasangkan dengan ban berukuran 200/50.

Motor dengan berat total sekitar 331 kg ini, akan menjadi varian pertama yang akan diproduksi oleh pabrik baru Honda yang berada di Kumamoto, dan rencananya akan dilempar ke pasar Eropa pada periode maret 2010. Walaupun belum ada rilis sekitar harga jualnya, tetapi mungkin harga dari Honda VTX 1300 dengan mesin yang serupa dapat dijadikan pertimbangan, yaitu 9.899 US Dollar.

 

 


Bookmark and Share

Komentar :

ada 0 Pengoceh ke “Honda Fury 2010-Chopper Pertama Honda”

Posting Komentar

Jangan Cuma Baca Dong
Isi Komentar Kalian ya Para Blogger
Jadikan Blog Ini Lebih Hidup Dengan Komentar Kalian

Next Previous Home