Sabtu, 26 Maret 2011

Serba-Serbi Formula One 2011



Hampir setiap musim baru dibuat perubahan peraturan dalam kompetisi Formula 1. Dua dari perubahan tersebut untuk musim 2011 menyangkut jatah pengunaan ban dan team order tak lagi dilarang. 
 
 
Ban

Setiap pembalap kini mendapat jatah 11 set ban kering, dari sebelumnya 14. Pengecualian berlaku untuk GP Australia, di mana setiap driver boleh memakai sampai 12 set. Dari 11 set tersebut tiga di antaranya mesti digunakan di sesi latihan Jumat. Juga setiap pembalap harus menggunakan dua jenis ban saat lomba, dan akan didiskualifikasi jika tidak melakukannya.

Girboks


Jika sebelumnya hanya empat, kini satu set girboks harus dipakai untuk lima seri berturut-turut.

Jam malam


Dengan alasan penghematan, jam malam diberlakukan untuk aktivitas di sirkuit. Jika latihan dimulai jam 10 pagi, maka setiap orang tidak boleh berada di sirkuit dari jam 00.00 sampai 06.00. Jika latihan dimulai pukul 11, jam malamnya adalah 01.00 sampai 07.00. Setiap tim diberi jatah maksimal empat orang jika memerlukan pengerjaan sesuatu di garasi pit.

Team order


Setiap kali ada pelarangan team order, selalu terjadi kontroversi, baik yang dilakukan secara terang-terangan maupun tersirat. Kini team order tidak lagi dilarang.

Hukuman


Stewart mempunyai wewenang lebih besar dari sebelumnya untuk menjatuhkan hukuman kepada pembalap yang melakukan pelanggaran. Hukuman tersebut bisa dari penalti waktu di pitlane, diskualifikasi sampai skorsing di seri berikutnya.

Nilai maksimal denda


Di GP Jerman 2010 Ferrari dijatuhi sanksi denda sebesar 100 ribu dolar AS karena melakukan team order, dan itu adalah angka tertinggi dalam sejarah F1. Untuk meminimalisir pelanggaran, nilai sanksi denda dinaikkan menjadi 250 ribu dolar AS.

Baca juga soal aturan baru menyangkut minimal kecepatan dan dua komponen KERS dan movable wings. (gp)


Source : http://www.detiksport.com/read/2011/03/25/033034/1600908/80/jatah-ban-sampai-bebas-team-order?query-string

 

Bookmark and Share

Komentar :

ada 0 Pengoceh ke “Serba-Serbi Formula One 2011”

Posting Komentar

Jangan Cuma Baca Dong
Isi Komentar Kalian ya Para Blogger
Jadikan Blog Ini Lebih Hidup Dengan Komentar Kalian

Next Previous Home