Jumat, 15 Januari 2010

Antara Beat, Mio, Spin, Libero Siapakah Yang Lebih Unggul ?

Anda punya motor ? Khususnya motor matic ? Pernahkan anda ingin mengetahui perbandingan motor matic anda dengan matic yang lain? Naah ! disini kami akan membahas perbandingan antara Beat , Mio , Spin ,dan Libero . Siapa yang lebih unggul ? Nih simak artikel mengenai perbandingan keempat motor tersebut



BeAT ikut meramaikan perang di pasar matic menengah bawah, dengan menawarkan fitur lebih lengkap dari pesaingnya, BeAT mencoba menjadi market leader di kelas skutik. mari coba kita bandingkan.
Mio yang sudah hadir sejak tahun 2004 memang mendominasi sampai sekarang belum ada yang mengalahkan. Dari total penjualan skutik tahun ini (Jan-April 2008) Mio menguasai 58%, Honda menguasai 26,3%, Suzuki 15% dan sisanya Kymco. Target honda hingga akhir tahun ini adalah menjual BeAT sampai 40 ribu perbulan, berarti hampir menyamai Mio (non Mio Soul) yang sekarang mencapai 40-50 ribu perbulan (data AISI).




Dari sisi harga sebetulnya tidak ada selisih banyak, dari sisi dimensi keempat motor itu sebenarnya hampir sama, cuma BeAT mengklaim mempunyai ground clearance tertinggi dikelasnya (156 mm). soal sistem pengereman, suspensi dan transmisi semuanya sama. beda terdapat di ukuran roda, Mio, Spin dan BeAT menggunakan pelek 14 inci sedangkan Libero cuma 12 inci. tetapi BeAT sudah memakai ban paling lebar depan dan belakang.





Mesin yang digunakan keempat matic ini sama-sama menggunakan mesin SOHC 4 tak berpendingin udara, cuma Spin mengadopsi cc mesin terbesar dengan 124 cc dan BeAT terkecil dengan jumlah 108 cc. kapasitas tangki terbesar dipegang oleh Libero yang sanggup menampung 5 liter, sedang BeAT cuma menampung 3,5 liter.
Kalau diperhatikan perbedaanya sangat tipis, sekarang tinggal fitur lah yang dapat menjadi bahan pertimbangan. BeAT yang lebih mahal Rp.315 ribu daripada Mio mengusung banyak fitur kenyamanan seperti boks bagasi penyimpanan depan (dibawah setang kemudi), fitur keselamatan seperti Parking Brake Lock (rem tangan) dan Side Stand Switch yang seperti tersedia di kakaknya yaitu Vario.


 




 Desain bodi, bagian ini tergantung selera masing2 konsumen, karena selera setiap orang tidak sama, cuma desain lampu depan BeAT tidak seperti matic yang lain, yaitu ada di tengah bodi, bukan di setang kemudi seperti tiga pesaingnya.


Yamaha Mio
Harga OTR (Jkt)
Rp. 11,685 jt
Jaringan dealer
Sekitar 2.700
Pilihan warna
5
Garansi mesin
3 thn
Dimensi
Panjang X lebar X tinggi
1.820 X 675 X 1.050
Jarak sumbu roda
1.240 mm
Jarak terendah ke tanah
130 mm
Berat kosong
87 kg
Kapasitas tangki BBM
3,7 liter
Kapasitas oli mesin
0,9
Rangka
Suspensi depan
Teleskopik
Suspensi belakang
Lengan ayun, sokbreker
  tunggal

Ukuran ban depan
70/90 - 14M/C34P 
Ukuran ban belakang
80/90 - 14M/C40P
Mesin
Tipe
SOHC 4 tak
Sistem pendingin
Udara
Diameter X langkah
50 x 57,9 
Kapasitas Silinder
  (cc)

113,7
Perbandingan kompresi
8,8:1
Daya maksimum (PS/rpm)
8,9/8.000 
Torsi maksimum (Nm/rpm)
7,84/6.500 
Karburator
Keihin NCV24
Fitur
Bagasi bawah jok
Ada
Bagasi depan
Tidak
Aksesoris genuine
Ada 
Kunci magnet
Tidak 
Rem tangan
Tidak 
Side stand switch
Tidak 
Aki MF (Maintenance
  Free)

Tidak 
Suzuki Spin
Harga OTR (Jkt)
Rp. 11,625 jt
Jaringan dealer
Sekitar 1.002
Pilihan warna
5
Garansi mesin
3 thn
Dimensi
Panjang X lebar X tinggi
1.859 X 654 X 1.046
Jarak sumbu roda
1.244 mm
Jarak terendah ke tanah
145 mm
Berat kosong
93 kg
Kapasitas tangki BBM
3,7 liter
Kapasitas oli mesin
1
Rangka
Suspensi depan
Teleskopik
Suspensi belakang
Lengan ayun, sokbreker
  tunggal

Ukuran ban depan
70/90 - 14M/C34P 
Ukuran ban belakang
80/90 - 14M/C40P
Mesin
Tipe
SOHC 4 tak
Sistem pendingin
Udara
Diameter X langkah
53,5 x 55,2 
Kapasitas Silinder
  (cc)

124
Perbandingan kompresi
9,6:1
Daya maksimum (PS/rpm)
9,6/8.000 
Torsi maksimum (Nm/rpm)
10,8/6.500 
Karburator
Mikuni BS26
Fitur
Bagasi bawah jok
Ada
Bagasi depan
Ada
Aksesoris genuine
Ada 
Kunci magnet
Ada 
Rem tangan
Tidak 
Side stand switch
Tidak 
Aki MF (Maintenance
  Free)

Ada
Honda BeAT
Harga OTR (Jkt)
Rp. 12jt
Jaringan dealer
Sekitar 3.800
Pilihan warna
6
Garansi mesin
3 thn
Dimensi
Panjang X lebar X tinggi
1.859 X 676 X 1.053
Jarak sumbu roda
1.240 mm
Jarak terendah ke tanah
156 mm
Berat kosong
89,3 kg
Kapasitas tangki BBM
3,5 liter
Kapasitas oli mesin
0,7
Rangka
Suspensi depan
Teleskopik
Suspensi belakang
Lengan ayun, sokbreker
  tunggal

Ukuran ban depan
80/90 - 14M/40P
Ukuran ban belakang
90/90 - 14M/40P
Mesin
Tipe
SOHC 4 tak
Sistem pendingin
Udara
Diameter X langkah
50 x 55 
Kapasitas Silinder
  (cc)

108
Perbandingan kompresi
9,2:1
Daya maksimum (PS/rpm)
8,22/8.000 
Torsi maksimum (Nm/rpm)
8,33/6.500 
Karburator
Keihin VK22
Fitur
Bagasi bawah jok
Ada
Bagasi depan
Ada
Aksesoris genuine
Tidak
Kunci magnet
Ada 
Rem tangan
Ada 
Side stand switch
Ada 
Aki MF (Maintenance
  Free)

Ada
Kymco Libero
Harga OTR (Jkt)
Rp. 12,250 jt
Jaringan dealer
Sekitar 800
Pilihan warna
4
Garansi mesin
3 thn
Dimensi
Panjang X lebar X tinggi
1.823 X 690 X 1.113
Jarak sumbu roda
1.270 mm
Jarak terendah ke tanah
123 mm
Berat kosong
98 kg
Kapasitas tangki BBM
5 liter
Kapasitas oli mesin
0,8
Rangka
Suspensi depan
Teleskopik
Suspensi belakang
Lengan ayun, sokbreker
  tunggal

Ukuran ban depan
90/90 - 12
Ukuran ban belakang
90/90 - 12
Mesin
Tipe
SOHC 4 tak
Sistem pendingin
Udara
Diameter X langkah
52,4 x 51,8 
Kapasitas Silinder
  (cc)

111,2
Perbandingan kompresi
9,5:1
Daya maksimum (PS/rpm)
9,2/7.500 
Torsi maksimum (Nm/rpm)
8,82/6.500 
Karburator
Keihin/Kymco CVK
Fitur
Bagasi bawah jok
Ada
Bagasi depan
Ada
Aksesoris genuine
Tidak
Kunci magnet
Tidak
Rem tangan
Tidak 
Side stand switch
Tidak 
Aki MF (Maintenance
  Free)

Tidak

Bookmark and Share

Komentar :

ada 1
Rizky2009 mengatakan...
pada hari 

kalau menurut aq sih masih lebih unggul neng Mio

Posting Komentar

Jangan Cuma Baca Dong
Isi Komentar Kalian ya Para Blogger
Jadikan Blog Ini Lebih Hidup Dengan Komentar Kalian

Next Previous Home