Minggu, 04 April 2010

Hasil Lengkap GP F1 Sepang Malaysia


Akhirnya, Mobil Red Bull RB6 menunjukkan keperkasaannya di GP F1 Malaysia. Kedua pebalapnya, Sebastian Vettel dan Mark Webber berhasil finish 1-2 di sirkuit Sepang, Minggu (4/4/2010). Vettel berhasil memenangkan lomba setelah menyelesaikan lomba 56 lasp dengan total waktu 1 jam 33 menit  48,412 detik.Penampilan Pebalap Jerman ini sungguh luar biasa. Start dari posisi ketiga langsung berhasil menyalip rekan setimnya Webber di tikungan pertama. Strategi tim yang memakai ban kompon lunak, memuluskan kedua pebalapnya menjalankan tugas dengan baik.Keberhasilan Vettel dan Webber ini menjawa keraguan orang akan daya tahan mobil RB6. Setelah diu dua seri awal gagal menuai kemenangan pertama.Tempat ketiga direbut pebalap Nico Rosberg. Ambisi pebalap Mercedes GP di Malaysia bisa naik posium tercapai.

Salut diberikan kepada pebalap Mclaren Lewis Hamilton dan Felipe Massa (Ferrari). Start dari posisi di bawah urutan 15, keduanya berhasil menyentuh garis finish di urutan ke enam dan ketujuh.

Apes dialami Alonso. rekan setim Massa itu berusaha menyalip Button di lap 55 di tikungnan pertama, namu ia harus ngerem keras dan keluar tikungan. Meski dapat menjinakkan mobil, namun dari mesin ke laur asap dan berhenti.

Jalan Lomba
Cuaca ketika pebalap melakukan warm-up lap 32 derajat celcius, dan untuk pebalap terdepan menggunakan ban kompon lunak. Tiga pebalap teratas, Lewis Hamilton (McLaren), Felipe Massa dan Fernando Alonso dari ferrari harus kerja keras di awal balapan ini karena start dari posisi di bawah 17.

Star berlangsung mulus dan Sebastian Vettel (RB6) berhasil menyalip rekan setimnya, mark Werber di tikungan pertama dan terus memimpin.

Lewis Hamilton dan Felipe Massa berhasil melejit dan menyalip 7 pebalap membuat mereka berada di urutan ke-13 dan 14. Masuk lap 4, Hamilton sudah menduduki posisi ke-10.

Pada lap 4, Timo Glock (Jerman) tak dapat melanjutkan lomba karena mobil masuk gravel. Posisi terdepan masih dipegang Vettel yang waktu tercepat. Posisi kedua Webber, Nico Rosberg dan Robert Kubica (Renault).

Lap 8 Hamilton menyalip Petrov (Renault). Bahkan ia membuat gerakan ziga-zag agar pebalap Rusia itu tidak mendapat angin. Hamiltom berada di urutan ke-9.

Lap 9 bendera kuning berkibar, mobil Kamui Kobayashi mogok di pionggir lintasan. Jenson Button berhasil menyalip Fernando Alonso dan membuatnya menempati posisi 15.

Lap 10, Terdepan masih dipegang Vettel, Webber, Rosberg, Kubica, Sutil dan Schumacher. Namun sayang, mantan juara dunia 7 kali, Schumi itu melambantkan kecepatan mobil dan berhenti di depan mulut pit. Ternyata ada bagian dari suspensi belakangt kirinya yang patah.

Lap 13, Hamilton naik ke posisi 7 menggeser Liuzzi yang melamban karena ada gangguan pada mobilnya dan tidak dapat melanjutkan lomba. Sementara Massa berada di urutan 12. Webber masih terdepan dan jarak dengan rekan setimnya Webber 1,612 detik.

Lap 16. Vettel masih terdepan, diikuti Webber dan Rosberg. Sementara tiga pebalap papan atas Hamilton, Alonso dan Massa sudah berada di posisi 6,7 dan 8. Bahkan Hamilton mencatat waktu tercepat 1:40,899 detik.

lap 21, Sutil masuk pit ganti ban, posisinya pun turun dari kelima menjadi ke 8. Sementara Alonso tampak harus kerja keras setiap kali memindahkan gigi persnelingnya. Kubica masuk pit ganti ban dan ketika ke luar pit masih berada di depan Massan.

lap 23, Nico Rosberg ganti ban hanya 3,9 deetik dan merupakan rekor tercepat. Ia ganti dengan kompon keras. Vettel masuk pit ganti ban dan ketika ke luar berada di urutan kedua diikuti Hamilton.

Lap 24, Webber menyusul masuk pit, namun salah satu kru bagian roda depan kiri sedikit gangguan dengan alat pembuka ban. Ia berada di posisi 3.

Lap 27, Massa ganti ban dengan kompon lounak. Vettel kembali terdepan dan tercepat 1:39,854 detik diikuti Hamilton yang belum ganti ban, Webber, Nico Rosberg, Kubica, Alonso, Sutil, Button dan Massa.

Lap 29, radar di airport melaporkan kalau hujan rintik kecil mulai turun, tapi belum sampai ke lintasan.

Lap 31, Hamilton masuk pit ganti ban dengan kompon lunak. Ketika ke luar ia berada di depan rekan setimnya Button yang berada di urutan ke-8.

Lap 37, Fernando Alonso menjadi pebalap terakhir yang ganti ban. terdepan masih dikuasai Vettel dan Webber, Rosberg, Kubica, Sutil, Hamilton.

Lap 38, Hamilton menekan Sutil, namun tak berhasil menyalipnya. begitu juga Massa menempel Button.

Lap 41, Hamilton mendapat instruksi dari pit untuk menyalip Sutil. "Ia juga melesat cepat di jalur lurus," balas Hamilton. Begitu juga Massa, tampaknya menjaga persediaan bahan bakar. Bila ia agresif melakukan manuver, takut-takut tidak sampai di finish.

Lap 44, Massa berhasil menggeser Button. sementara rekan setimnya, Alonso gantian menekan McLaren tersebut.

Lap 46, Button menutup dari sisi dalam dan Alonson coba menyalip dari luar di tikungan pertama, usahanya sia-sia. Sementara Hamilton masih menguntil di belakang Sutil.

HASIL LOMBA 56 Lap
1. Vettel               Red Bull-Renault        1:33:48,412
2. Webber           Red Bull-Renault         + 4.8s
3. Rosberg          Mercedes                     + 13.5s
4. Kubica           Renault                         + 18.5s
5. Sutil               Force India-Mercedes  + 21.0s
6. Hamilton        McLaren-Mercedes       + 23.4s
7. Massa             Ferrari                          + 27.0s
8. Button             McLaren-Mercedes      + 37.9s
9. Alguersuari    Toro Rosso-Ferrari      + 1m10.6s
10. Hulkenberg   Williams                      + 1m13.3s
11. Buemi           Toro Rosso-Ferrari     + 1m18.9s
12. Barrichello  Williams-Cosworth     + 1 lap
13. Alonso        Ferrari                          + 2 laps
14. Di Grassi    Virgin-Cosworth           + 3 laps
15. Chandhok    Hispania-Cosworth      + 3 laps
16. Senna          Hispania-Cosworth      + 4 laps
17. Trulli          Lotus-Cosworth            + 5 laps


Klasemen pebalap sampai serei III
1 Felipe Massa                   39
2 Fernando Alonso             37
3 Sebastian Vettel              37
4 Jenson Button                 35
5 Nico Rosberg                 35
6 Lewis Hamilton             31
7 Robert Kubica              30
8 Mark Webber                 24
9 Adrian Sutil                  10
10 Michael Schumacher    9
11 Vitantonio Liuzzi         8
12 Rubens Barrichello     5
13 Jaime Alguersuari       2
14 Nico Hülkenberg        1


Klasemen Konstruktor
1 Ferrari                           76
2 McLaren/Mercedes       66
3 Red Bull/Renault          61
4 Mercedes                      44
5 Renault                         30
6 Force India/Mercedes  18
7 Williams/Cosworth       6
8 Toro Rosso/Ferrari       2
9 BMW Sauber/Ferrari    0
10 Lotus/Cosworth           0
11 HRT/Cosworth            0
12 Virgin/Cosworth         0


sumber

Bookmark and Share

Komentar :

ada 0 Pengoceh ke “Hasil Lengkap GP F1 Sepang Malaysia”

Posting Komentar

Jangan Cuma Baca Dong
Isi Komentar Kalian ya Para Blogger
Jadikan Blog Ini Lebih Hidup Dengan Komentar Kalian

Next Previous Home