Sabtu, 03 April 2010

Mercedes Benz SLS AMG, Supersport Buatan Tangan Kebanggaan Mercedes Benz


Inilah produk Mercedes-Benz yang diposisikan berada pada puncak piramida produknya. Ia sekaligus dijadikan ikon kehebatan produsen mobil premium asal Jerman tersebut di segmen supersport. Sensasi gullwing. Pengemar atau pencinta Mercy tentu sudah tahu produk yang satu ini, SLS AMG. Ciri khasnya, pintu membuka seperti sayap burung camar ketika terbang (gullwing). Mobil ini sudah pernah diperlihatkan kepada publik saat debut di Internationale Automobil Ausstellung (IAA) ke-63 di Jerman, September tahun lalu. MB juga memperlihatkan konsep SLS sebagai mobil listrik untuk menyaingi Audio e-tron.

Proses perakitan dilakukan oleh tangan-tangan terampil dan ahli di pabrik terbesar Mercy di Sindelfingen. Agar konsumen tahu progres produksi dari mobil yang akan diluncurkan pada 27 Maret mendatang ini, Mercedes-Benz terus memberikan informasi.

Bukti kemewahan produk Mercy yang satu ini diperlihatkan pada banderolnya. Di Jerman, SLS AMG dijual seharga 177.310 eruo (termasuk pajak). Kalau dikonversi ke rupiah, nominalnya adalah Rp 2.340.492.000 atau sekitar Rp 2,35 miliar.

Nah, dapat dibayangkan, kalau ada orang Indonesia yang begitu tergila-gila dengan mobil ini, dia harus rela lagi mengeluarkan pajak sehingga harganya menjadi 200 persen dari aslinya, malah bisa lebih! Paling tidak, dia harus mentransfer rekening di bank sekitar Rp 5 miliar untuk mendapatkannya. Wuiih!

Kenyataannya, harga mahal tidak mengurangi minat sebagian orang untuk membelinya. Kendati krisis ekonomi belum pulih betul, Dr Joachim Schmidt selaku Kepala Penjualan dan Pemasaran Mercedes-Benz Cars mengatakan, permintaan terhadap SLS AMG melampaui target.

Teknologi & performa. Tak hanya penampilan yang sensasional, teknologi yang dikandung dan kemampuan yang dimiliki juga hebat. Komponen seperti rangka, sel bodi, dan mesin dibuat dari aluminiun. Hebatnya lagi, mobil ini juga dirakit dengan tangan.Sasis dan bodi aluminiun dibuat oleh Magna Steyr Fahrzeugthechnik GmbH di Graz, Austria. Inovasi perusahaan tersebut menghasilkan rangka berbobot 241 kg.

Mesin juga dirakit dengan tangan di bengkel AMG, Affalterbach. Mesin berkapasitas 6,3 liter, V8, mampu menghasilkan tenaga 420 kW (551 PS) dan torsi 650 Nm. Untuk menjaga kualitas mesin, MB menerapkan prinsip satu mesin dipasang oleh satu orang!

Kemampuan SLS AMG juga hebat. Dengan distribusi bobot depan/belakang 47/53 dan postur mobil yang ceper, mobil ini diklaim mampu sprint 0-100 kpj dalam 3,8 detik. Demi keamanan, mobil ini dipasangi pembatas kecepatan elektronik dengan top speed hanya 317 kpj. Adapun konsumsi bahan bakar secara kombinasi, 13,2 liter per 100 km atau rata-rata 7,5 km/liter.

Kemampuan tersebut diperoleh melalui transmisi 7 percepatan dengan kopling ganda, suspensi sport, dan double wishbone berbahan aluminium. Bobot total berdasarkan standar DIN, 1.620 kg.


Dimensi :

Panjang total :
4.638 mm

Lebar total :
1.939 mm

Tinggi total :
1.262 mm

Jarak sumbu roda :
2.662 mm

Trek depan/belakang :
1,682/1,653 mm

Radius putar :
11,9 meter

Kapasitas tangki :
85 liter

Ban & velg: depan/belakang
265/35-R19/295/30-R20




 

Bookmark and Share

Komentar :

ada 0 Pengoceh ke “Mercedes Benz SLS AMG, Supersport Buatan Tangan Kebanggaan Mercedes Benz”

Posting Komentar

Jangan Cuma Baca Dong
Isi Komentar Kalian ya Para Blogger
Jadikan Blog Ini Lebih Hidup Dengan Komentar Kalian

Next Previous Home