Rabu, 28 April 2010

Manfaat Blog Bagi Pendidikan






Hai blogger lagi-lagi kami harus memposting mengenai postingan yang sangat tidak nyambung dengan tema dari blog kami . Maklum tuntutan dari guru kami di sekolah yang mewajibkan para siswa-siswi untuk memposting tentang kegunaan blog bagi dunia pendidikan jadi mau gak mau ya kami harus menulis postingan tentang blog bagi dunia pendidikan. Ya walaupun lagi-lagi  ga nyambung tapi kami berharap postingan ini dapat bermanfaat bagi para blogger sekalian dan kami berharap kalian menikmati postingan kami .

Blog merupakan singkatan dari "web log" adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut. Nah karena pembuatan dari blog itu mudah maka banyak orang sekarang yang sudah mulai ngeblog. Blog ini mempunyai beberapa manfaat salah satunya di bidang pendidikan yang lebih spesifik lagi bagi para penulis dan pembacanya.

Saya ingin menekankan kembali betapa media blog ini punya banyak manfaat bagi penulis, atau siapa saja yang sedang belajar menulis. Bagi saya, blog sebenarnya punya karakteristik yang hampir sama dengan website biasa seperti Pembelajar.com atau beragam website lainnya. Bedanya hanya sedikit, yaitu pada kemudahan pembuatannya, pengelolaannya, template yang tersedia, serta sifat gratisan namun dengan menu-menu pendukung yang berlimpah. 

Pertama, blog bisa menjadi alat penumbuh kebiasaan dan keteraturan menulis. Bagaimanapun, setelah punya blog biasanya kita akan terdorong untuk terus mengisinya dengan berbagai bentuk tulisan. Terlebih bila tulisan-tulisan kita mendapatkan sambutan atau aneka komentar dari para pengunjung. Ini akan memotivasi kita untuk rajin mem-posting tulisan. Bagi mereka yang sedang belajar menulis, komentar atau tanggapan blogger (penulis blog) lain ini akan sangat besar artinya. 

Kedua, menulis di blog secara rutin juga berdampak pada kemampuan kita dalam menuangkan gagasan dalam menempuh pendidikan, salah satunya saat kita harus membuat essay yang isinya adalah tulisan.  Makin sering menulis di blog, rasanya akan semakin mudah pula mengeluarkan ide-ide dalam bentuk tulisan. Ini sama persis dengan kegiatan menulis diari sehari-hari. Semakin sering kita mengisi diari, semakin mudah dan lancar pula kita menulis.


Ketiga, blog adalah tempat kita untuk menabung tulisan. Satu demi satu kita isi blog-blog kita akan penuh juga. Bagus sekali bila mayoritas tulisan yang kita tampilkan di blog adalah karya sendiri. Terlebih bila blog dengan beragam tulisan, maka lama kelamaan memang kita jadikan sebagai sarana untuk berlatih menulis dan menampung tulisan-tulisan karya sendiri ini bisa menjadi nilai tambah bagi dunia kebahasaan apalagi jika guru bahasa di sekolah itu sudah "melek" dengan teknologi.

Keempat, blog bisa berfungsi sebagai media personal branding. Blog bisa menjadi ajang unjuk ide, pikiran, karya, tulisan, serta pencitraan. Lima tahun yang lalu mungkin Anda tidak mengenal siapa itu Enda Nasution, Priyadi, Fatih Syuhud, Jennie S. Bev, dan para blogger kenamaan saat ini. Kalaupun sudah mengenalnya, mungkin hanya sayup-sayup belaka. Tapi, berkat kiprah mereka di dunia maya melalui blog, mereka kini dikenal menjadi orang-orang beken di dunia blog Tanah Air. Itu artinya, mereka berhasil membangun merek diri melalui blog. Tinggal pemanfaatan ekuitas mereknya saja akan seperti apa nantinya.

Kelima, blog dapat membuat kreativitas menulis siswa meningkat karena mereka mau tidak mau harus membuat sebuah postingan yang menggunakan blog ini. Postingan ini bisa dibaca oleh semua orang dan kalau kita beruntung tulisan kita di blog dibaca oleh seseorang yang terkenal dan mungkin tulisan kita dapat dibuat novel ataupun film seperti blog milik saudara Raditya Dika yang sebenernya isinya adalah kegiatan sehari-hari dirinya.

Terakhir, blog ini memungkinkan para siswa-siswi untuk lebih meningkatkan daya pikir dan mengasah otak untuk berpikir lebih dalam. Seperti contohnya ya kami ini, dulu kami belum mengerti sama sekali tentang blog dan postingan-postingannya namun saat ini setelah belajar melalui beberapa tahap selama 4 bulan ini kami sudah sedikit banyak mengerti tentang blog dan seisinya. Maka dari itu kami menghimbau para siswa-siswi dan pembaca sekalian agar membuat blog yang dapat memacu kreatiitas dan pertukaran informasi antar satu dengan yang lain.



Terimakasih


Galih dan Jonathan


Bookmark and Share

Komentar :

ada 0 Pengoceh ke “Manfaat Blog Bagi Pendidikan”

Posting Komentar

Jangan Cuma Baca Dong
Isi Komentar Kalian ya Para Blogger
Jadikan Blog Ini Lebih Hidup Dengan Komentar Kalian

Next Previous Home