Jumat, 12 Maret 2010

Evolusi Mobil Amfibi


Kendaraan amfibi pertama diduga muncul pada awal 1800-an, ketika saat itu orang Amerika yang namanya Oliver Evans menciptakan sebuah alat bertenaga uap yang berhasil didorong lebih dari satu mil di jalan-jalan Philadelphia dan berlayar di Sungai Delaware. Kendaraan itu disebut Orukter Amphibolus dan menjadi amfibi pertama dari mesin uap yg pernah dibangun. Namun, kendaraan itu digunakan sebagai pembersih dermaga oleh orang-orang pada jaman itu.



Pada pertengahan tahun 1910-an, ketika William Mazzei datang dengan apa yang disebut Hydromotor (atau hidrometer): sebuah mobil menengah, didorong oleh sebuah mesin Continental dan berkata bisa mencapai 60 mph di darat dan 25 mph di atas air. Gagasan Mazzei dijemput oleh George Monnot, yang mengambil satu langkah lebih dekat dan menciptakan Hydrocar, kombinasi antara perahu, mobil dan truk. Hal ini terjadi di menjelang Perang Dunia pertama dan, setelah perang dimulai, semua kemajuan yang dicapai sampai saat itu terhenti sbg kendaraan perang untuk penggunaan militer.

Schwimmwagen
 
 Adalah Ferdinand Porsche. Pria ini menciptakan amfibi pertama produksi massal kendaraan non Amerika. Selama perang, Porsche menciptakan apa yang disebut Kubelwagen, setara Jerman Jeep Amerika. Alasan mobilitas dan kerasnya perang, Kubelwagen diubah dan dibuat mampu mengarungi air. Porsche mengubahnya dan memberi nama Schwimmwagen, dan dianggap oleh banyak orang sebagai kendaraan amphibi pertama yang diproduksi massal, walaupun sebenernya hanya untuk penggunaan militer doank.

Amphicar
 


Amphicar datang dalam bentuk dua pintu convertible empat kursi, dilengkapi dengan kain lipat atas. 770 model Dubbed karena faktany ia bisa mencapai 7 knot di atas air dan 70 mph (110 km / jam) di darat, mobil ini menggunakan mesin empat silinder 1.2l overhead-camshaft yang bersumber dari Triumph. Yang sesuai dengan kemampuan amfibi, mesin ditempatkan di bagian belakang, dari mana kekuatan itu bisa dengan mudah dua baling-baling nilon dipasang di bawah mobil. Tenaga yang dihasilkan adl 43 hp pada 4.750 rpm. 


Aquada
 
 Adalah Aquada, hasil dari tujuh tahun riset. Tidak seperti Amphicar, Aquada menggunakan sistem jet yang menghasilkan sekitar 1 ton dorong. Aquada 175 hp menggunakan mesin V6 yang dipasangkan dengan lima kecepatan transmisi otomatis dengan terbalik, serta power steering sangat membantu handle di dua alam.

Phyton
 

 
 Nah ! Inilah generasi baru kendaraan amfibi. Mobil yang tampilan fisiknya menyerupai mobil sport ini diproduksi oleh perusahaan otomotif California WaterCar, dan di beri nama Phyton. Konon, kendaraan senilai 125.000 pounds (sekitar Rp1,8 miliar) itu bisa melaju hingga 96 km/jam di air. Lebih kencang dari speedboat. ”Sebelum melaju di atas air, pengemudi Phyton harus menetralkan gigi perseneling, mengaktifkan kemudi jet air dan memasukkan roda,” terang Dave March, perancang Phyton, dalam wawancara dengan Daily Mail. Sedangkan, jika hendak meneruskan perjalanan dari air ke darat, si pengemudi harus melakukan proses kebalikannya. Menurunkan roda dan mengaktifkan kemudi darat. Di darat, Phyton didukung mesin V8 Chevrolet Corvette. Mesin seberat 1,7 kilogram itu mampu menghasilkan energi sebesar 640 Hp (horsepower). Sementara, mesin saat Phyton melaju di atas air diproduksi Dominator Jet, dengan tenaga yang dihasilkan mencapai 500 Hp. Melengkapi kemutakhirannya, Phyton juga dilengkapi dengan mesin jet yang membuatnya mampu melaju di atas ombak.

Sumber  

Bookmark and Share

Komentar :

ada 2 Pengoceh ke “Evolusi Mobil Amfibi”
Anonim mengatakan...
pada hari 

pesan dua

Anonim mengatakan...
pada hari 

kirim segera ke alamat saya

Posting Komentar

Jangan Cuma Baca Dong
Isi Komentar Kalian ya Para Blogger
Jadikan Blog Ini Lebih Hidup Dengan Komentar Kalian

Next Previous Home