Sabtu, 13 Maret 2010

Preview Musim Balap Formula 1 2010 edisi 1

Formula 1 musim balap 2010 diikuti oleh tiga belas tim termasuk empat tim baru, dan sejumlah pembalap baru ditambah satu pembalap pensiunan yang kembali turun, sementara sejumlah pembalap lama pun berganti tim.Meski muncul tim baru dan pembalap baru, tampaknya ajang Formula 1 tahun ini masih akan didominasi oleh pembalap dan tim lama, meski ada kemungkinan terjadi persaingan antara sesama pembalap yang tergabung dalam satu tim.


Juara dunia tahun lalu, Jenson Button, diperkirakan akan terlibat persaingan keras dengan rekan satu timnya di Williams, Lewis Hamilton, mengingat juara dunia 2008 terkenal dengan ambisi dan sikap ingin menang tanpa pandang bulu.

Demikian juga dengan Felipe Massa yang di Ferrari akan bermitra dengan pembalap Spanyol Fernando Alonso yang bukan merupakan pembalap yang begitu saja menuruti garis kebijakan tim.
Keikutsertaan Michael Schumacher juga akan menambah ramai Formula 1, meski masih harus dilihat apakah kemampuannya masih seprima saat sebelum dia mengundurkan diri empat tahun lalu.

Harapan yang dibebankan kepada pembalap Red Bull, Sebastian Vettel, untuk akhirnya bisa mewujudkan perkiraan banyak pihak untuk menjadi juara dunia juga semakin kuat. Gelar ini akan bisa diraih jika tim Red Bull memutuskan untuk lebih mendukung salah satu pembalapnya, bukan memperlakukan mereka secara adil.

Tim baru yang turun tidak akan banyak berkiprah, dua tim baru ini Virgin Racing dan Campos Meta, dibayangi dengan masalah dana. Virgin Racing memang berniat menerapkan pembiayaan yang efektif sementara Campos Meta dikabarkan masih belum memiliki kekuatan dana yang dibutuhkan.
Lotus, yang dimotori pemilik Air Asia, bisa membuat kejutan jika kendaraan yang digunakan bisa menyaingi kendaraan tim-tim besar yang sudah lama berkiprah di Formula 1.

Berikut daftar tim dan pembalap yang berlaga di Formula 1.

McLaren


 






Di musim balap 2009, McLaren mengalami awal yang terburuk dalam 43 tahun sejarah mereka, namun di akhir musim tim ini berhasil mengejar ketinggalan.Penyebab utama adalah kendaraan yang tidak bisa menandingi mobil balap tim lain, namun tim Inggris ini kemudian berhasil membuat kendaraan yang lebih prima dan Lewis Hamilton mengumpulkan angka lebih banyak dari pembalap lain di bagian kedua musim balap 2009 termasuk menang di GP Hongaria dan Singapura.Untuk tahun ini McLaren berhasil mengembangkan mobil yang lebih cepat dari mobil tahun lalu sehingga banyak pengamat menyebut tim ini akan mencatat sukses di musim balap tahun 2010.

Juara dunia 2008 Lewis Hamilton gagal mempertahankan gelar tahun 2009 karena McLaren terlalu berkonsentrasi pada sistem pemulihan energi Kers namun gagal memperhatikan kemampuan kendaraannya di sirkuit.
Pertikaian di GP Australia, ketika Hamilton dan timnya tidak memberitahu pengawas balapan mengenai keamanan saat dia menyusul Jarno Trulli saat mobil keselamatan dioperasikan, merusak citra dan rasa percaya diri pembalap Inggris ini.

Mercedes





Tahun 2009 tim ini bernama Brawn yang menjadi juara dunia dalam kategori mesin dan berganti nama setelah pabrik mobil Jerman itu membelinya.
Prestasi tahun lalu merupakan cerita indah karena tim ini ditinggalkan oleh sponsor utama, Honda yang keluar dari Formula satu karena kelesuan ekonomi global, dan direktur utamanya Ross Brawn memutuskan untuk membeli tim ini.

Tim ini diperkuat oleh dua pembalap Jerman, salah satunya adalah Michael Schumacher. Pembalap legendaris dan juara dunia tujuh kali ini kembali turun ke Formula 1 setelah pensiun dan terakhir kali memperkuat tim Ferrari.Masalah fisik yang sebelumnya diperkirakan akan menjadi hambatan sekarang tidak akan lagi menjadi faktor penentu, demikian juga dengan teknologi tinggi dalam mengendalikan kendaraan.Bagi Nico Rosberg, putera dari juara dunia 1982 Keke Rosberg, musim 2009 adalah saat penting dengan menampilkan prestasi yang lebih baik dengan tim Williams, meski tim itu tidak memandangnya demikian.

Red Bull


 






Tim ini berhasil mencapai satu kemajuan luar biasa pada tahun 2009 - terutama dalam keberhasilan membuat mobil terbaik dalam musim balap 2009.Mobil Red Bull adalah mobil tanpa double-diffuser yang kontroversial tercepat di paruh pertama musim balap, hanya kalah dari Brawn yang sudah dilengkapi alat itu.
Sebastian Vetel yang berasal dari Jerman memilki kemampuan untuk menjadi juara dunia Formula 1. Kesempatan emas itu muncul tahun lalu namun terhalang oleh kesalahan di paruh pertama musim balap dan juga kerusakan mesin.Mark Weber adalah salah satu pembalap senior di Formula 1 dan prestasinya tahun 2009 cukup mengesankan dengan memenangkan dua GP termasuk mengalahkan rekan satu tim Vetel di sirkuit Nurburgring, Jerman.

Ferrari


 

 

 

Musim balap 2009 adalah tahun sulit bagi tim ini karena tidak mengikuti perubahan dalam peraturan teknis sehingga mobil mereka tidak memiliki kecepatan yang biasanya selalu menjadi fitur utama mobil F1 Ferrari.Ferrari juga terkena dampak sangat parah akibat kecelakaan yang dialami Felipe Massa di GP Hongaria.Penggantinya, Luca Badoer, kesulitan dalam mengendalikan kendaraan yang rumit dan sulit seperti mobil F1 Ferrari sehingga diganti oleh Giancarlo Fisichella.Tetapi mobil balap Ferrari mungkin merupakan kendaraan paling rumit di ajang F1 dan ini dianggap sebagai kelemahan. Satu tim balap seharusnya mempermudah pembalap dalam mengendarai mobil balap tanpa ada kerumitan dalam pengendaliannya. Hal ini penting karena pembalap memiliki kebebasan dalam mengambil keputusan saat berlaga di sirkuit.
Fernando Alonso memang ditakdirkan di Ferrari satu saat dalam karirnya, dan setelah masa sulit bersama Renault tahun 2009 keputusan pindah ke Ferrari sangat tepat.Sejak mengalami kecelakaan fatal di GP Hongaria tahun lalu, Felipe Massa, sudah sembilan bulan tidak membalap di sirkuit Formula 1. Dia hanya memiliki kesempatan kembali mengendarai mobil Ferrari dalam latihan awal tahun bulan Februari.Situasinya tidak menguntungkan karena dia harus bermitra dengan Fernando Alonso yang merupakan salah satu pembalap Formula 1 terbaik dan bukan orang yang mudah mengalah dengan rekan satu tim.

Sauber

Sejumlah pengamat mengatakan pengunduran diri pabrik mobil dari Formula 1, seperti Honda, Toyota dan BMW, dengan alasan finansial sebenarnya kurang masuk akal karena FIA memperkenalkan sejumlah peraturan baru yang membatasi penggunaan ban, bahan bakar dan juga mesin yang dipakai sehingga Formula 1 saat ini relatif lebih murah dibanding sebelumnya.Dengan dana dari sponsor dan pembagian pemasukan dari pemegang hak komersial Formula satu, seharusnya tim Formula 1 bisa mandiri tanpa ada bantuan keuangan dari pabrik mobil yang berada di belakangnya.Tim ini kemudian dibeli kembali oleh salah satu pendirinya, Peter Sauber, sehingga bisa berlaga kembali di musim balap 2010. Peter Sauber dikenal sebagai tokoh terkenal dalam F1 dan memiliki integritas tinggi serta sangat kompetitif.Kamui Kobayashi mendapat promosi saat masih di Toyota dari pembalap cadangan menjadi pembalap utama ketika menggantikan Timo Glock yang cedera di dua GP terakhir musim balap 2009.Penampilannya di dua GP itu, Brasil dan Abu Dhabi, luar biasa dan memperlihatkan komitmen dan keberanian melakukan manuver-manuver berbahaya saat menyusul. Pembalap asal Jepang ini juga tidak terintimidasi dengan nama-nama besar, hal itu terlihat saat dia menyusul Jenson Button di Abu Dhabi.Setelah empat tahun bekerja sebagai pengendara uji coba tim McLaren Pedro de la Rosa memutuskan kembali ke ajang Formula 1 untuk terakhir kali. Pembalap Spanyol ini terakhir kali berlaga di Formula satu pada tahun 2006 saat dia menggantikan Juan Pablo Montoya yang memutuskan untuk pindah ke arena Nascar di tengah musim balap.


Williams

Prestasi Williams di musim balap 2009 mungkin lebih baik dari perkiraan banyak orang sebelumnya - tim ini berhasil membuat kendaraan yang lebih cepat dari tahun-tahun sebelumnya.Tetapi tampaknya tim ini tidak puas dengan mesin Toyota sehingga untuk musim 2010 ini Williams akan mempergunakan mesin buatan Cosworth meskipun mempergunakan mesin baru yang belum pernah dicoba memiliki resiko besar.Tahun 2009 merupakan tahun penuh dengan kejutan bagi pembalap Rubens Barrichello karena di akhir tahun 2008 dia diperkirakan banyak pihak akan kehilangan pekerjaan setelah Honda mundur dari Formula 1. Namun, kemudian prestasinya melonjak setelah Ross Brawn membeli tim Honda itu dan membuat mobil balap yang terandalkan.Pembalap Jerman Nico Hulkenberg mendapat promosi dari pembalap cadangan untuk tim Williams menjadi pembalap inti.Pembalap berusia 22 tahun ini, yang dianggap sebagai calon pesaing Sebastian Vettel, adalah juara seri GP2 musim balap tahun lalu. Sebelumnya dia menjuarai serangkaian kejuaraan balap seperti F3 seri Eropa, Formula Masters, A1Gp dan Formula BMW Jerman.

Renault

Flavio Briatore kehilangan pekerjaan sebagai direktur utama tim, padahal dia adalah tokoh flamboyan di Formula 1 yang sudah makan asam garam dan sangat mendukung cabang olahraga ini.Setelah tim di luar sirkuit hancur akibat skandal itu, Renault juga mempergunakan dua pembalap baru setelah Fernando Alonso pindah ke Ferrari, sementara Nelson Piquet Jr dikeluarkan karena terlibat dalam skandal di GP Singapura tersebut.Tim Renault yang terkena skandal ini tetap menunjukkan komitmen untuk tetap terlibat dalam Formula 1 dengan berlaga di musim balap 2010.Media sering menyebut Robert Kubica adalah pembalap terbaik di arena Formula 1, satu pernyataan yang bisa diperdebatkan lebih lanjut. Tetapi yang jelas dia adalah pembalap yang baik dengan kemampuan mengendarai sangat cepat.Buktinya adalah posisi kedua di GP Brasil saat masih bersama BMW bagi pembalap asal Polandia.Pembalap Rusia Vitaly Petrov menjadi pembalap kedua bagi Renault. Ini adalah kali pertama bagi Petrov untuk membalap dengan kendaraan Formula 1.Pembalap ini diberitakan membawa dana sponsor bernilai US$15 juta ke tim Renault dan merupakan juara kedua GP2 tahun lalu.



 



 

Bookmark and Share

Komentar :

ada 0 Pengoceh ke “Preview Musim Balap Formula 1 2010 edisi 1”

Posting Komentar

Jangan Cuma Baca Dong
Isi Komentar Kalian ya Para Blogger
Jadikan Blog Ini Lebih Hidup Dengan Komentar Kalian

Next Previous Home